Jenuh itu Manusiawi

Setiap orang pasti pernah mengalami fase tertentu di mana kondisi hati sedang tidak ingin melakukan apapun. Jenuh. Akan tetapi, di sisi lain pekerjaan/tugas/tanggung jawab/ SKRIPSI (harus dikhususkan, haha) terutama waktu, tidak akan menunggu kita sampai keadaan normal kembali a.k.a bersemangat kembali.

Saya pun mengalaminya. Ada hari di mana saya sangat tidak bergairah untuk mengerjakan apapun, hanya sibuk dengan netbook, modem, dan telepon genggam tanpa menghasilkan sesuatu alias tidak produktif. Namun, Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan ketika saya sedang merasa jenuh.

Bersepeda

Bersepeda memaksa saya untuk bangun lebih pagi karena kalau terlambat sedikit, jalanan ramai. Bersepeda juga membuat badan bergerak untuk sekedar berolahraga ringan. Melihat dunia luar dengan bersepeda membuat pikiran lebih segar dan badan lebih sehat. Saya juga sering mencari tempat untuk mencari inspirasi di luar rumah menggunakan sepeda. Mengasyikan :D

Mengobrol

Bersosialisasi itu menyenangkan. Dari obrolan bisa jadi motivasi. Dari obrolan bisa jadi muncul ide baru. Saya sering ‘mengganggu’ orang-orang dengan mengajak ngobrol, biasanya via media sosial atau BBM. Sebagian orang dengan sabar dan baik hati menanggapi sampai batas tertentu. Sebagian orang menanggapi seadanya, bahkan ada yang tidak menanggapi *sedih ya :(

Mengobrol itu bisa jadi ajang bertukar pikiran dan mendapatkan informasi. Jadi, maaf ya buat yang sering saya ganggu. Kalau tiba-tiba saya ajak ngobrol atau curhat berarti saya lagi jenuh. Harap maklum :D

Membaca

Selain untuk refreshing, beristirahat sejenak dari rutinitas, membaca juga bermanfaat untuk mendapatkan inspirasi. Saya sering mendapat inspirasi untuk menulis ketika saya membaca. Saya sering merasa tergugah melakukan sesuatu karena membaca.

Memasak

Ketika malas bersepeda jauh, saya biasanya pergi ke tempat-tempat sekitar rumah, misalnya pasar. Saya membeli bahan-bahan masakan yang seketika itu juga baru saya pikirkan. Meng-explore kemampuan memasak penting untuk perempuan. Sering kali saya membuat masakan tanpa resep tertentu, makanya kalau orang Sunda menyebutnya masakan saka (sakainget, sakarepmu) *HAHAHA.

Maskeran

Perawatan wajah juga penting, terutama untuk wanita. Terlalu banyak begadang membuat wajah saya akhir-akhir ini sering berjerawat. Dengan bermasker, membuat badan dan pikiran lebih rileks ketika menunggu maskernya kering, hehe.

Editing Photo

Biasanya ketika berjalan-jalan/bersepeda saya selalu menemukan objek tertentu yang menarik perhatian dan layak untuk direkam dalam foto atau untuk dijadikan bahan tulisan. Biasanya foto-foto yang didapat, saya ‘ubah’ agar objeknya terlihat lebih menarik. Menyenangkan karena editing foto semakin hari semakin mudah dengan hadirnya berbagai aplikasi :D

Membuat Sketsa

Dulu, ketika masih kecil saya sangat senang menggambar. Beberapa kali menjuarai lomba menggambar dan kaligrafi. Suatu hari, iseng ke toko alat tulis untuk membeli buku sketsa dan pensil warna watercolor. Dari sana, melatih kembali jari-jari untuk mengeluarkan kemampuan menggambar. Ternyata hasilnya tidak sebagus dulu, haha. Beberapa ‘karya’ (tidak pede disebut karya beneran) bisa dilihat di sini ;)

Itu dia beberapa hal yang saya lakukan ketika jenuh. Kalau kalian jenuh, apa yang dilakukan? :D

About these ads

One response to “Jenuh itu Manusiawi

  1. kalo pas dikantor yang lama dulu biasanya sering nyanyi2 di yutub
    atau kalo nggak pergi keluar gedung sambil menghirup udara dan menikmati pemandangan lalu lalang mobil di bawah..

    tapi sekarang mungkin kalo lagi jenuh ya ngegame hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s