Tulisan Saya Sudah Memenuhi Kaidah Per-Blog-an Kah?

*) terinspirasi dari pertanyaan seorang teman plus kebetulan beberapa hari sebelumnya baru baca artikel menarik di Kompas.com

Sebagian orang yang mungkin tidak percaya diri dengan tulisannya. Sampai-sampai perlu menanyakan kepada orang lain, gimana tulisan saya, bagus tidak? Kalau untuk kebutuhan komersil sih, lain cerita. Sebagian orang lagi, sangat berani dalam menulis. Berani mengungkapkan apapun unek-unek yang ada di pikirannya. Mengeluarkan pendapat, ide, gagasan, atau temuan yang bisa dibagikan kepada orang lain.

Blog, saat ini menjadi media yang bisa memfasilitasi kedua jenis orang tersebut. Blog jadi sarana ajang mengeluarkan unek-unek baik itu bagi amatir atau seorang profesional. Blog jadi ajang unjuk kemampuan verbal seseorang. Seiring berjalannya waktu, blog jadi sarana komersil para pebisnis. Apapun tujuannya, blog masih jadi sarana bebas buat mengekspresikan apapun.

Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak kasus yang ‘terkesan’ membatasi kebebasan pendapat para blogger. Kasus salah satu blogger di Kompasiana dengan penulis Andrea Hirata misalnya. Menurut artikel di Kompas.com, undang-undang belum dapat melindungi para blogger. (Lihat: Hukum Belum Cukup Payungi Blogger)

Kalau masalah undang-undang sih saya sama sekali tidak mengerti, kalau komentar takut salah. Bicara tentang kaidah dalam per-blog-an sih selama undang-undang tentang kebebasan berpendapat masih ada, selama tulisan kamu gak jiplak tulisan orang dan tidak melanggar hak cipta, kenapa ngga menulis mengarang bebas? Hahaha😀

3 responses to “Tulisan Saya Sudah Memenuhi Kaidah Per-Blog-an Kah?

  1. kalo saya lebih milih nulis bebas aja
    soalnya isi blog juga gado-gado
    jadi sesuai kaedah atau nggak ya gak peduli hahaha orang cuma tulisan curhat doang :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s